Tuesday, February 17, 2015

Happy Chinese New Year

0

Nanti malam adalah malam pergantian tahun untuk orang Tionghoa (Chinese). Tentunya kegembiraan tersendiri untuk yang merayakannya. Di malam pergantian tahun adat yang biasa dilakukan adalah perjamuan makan malam.
Ada yang membuat aku tertarik melihatnya, yaitu lampu lampion menghiasi ruangan dan berbagai makanan tersaji disana. Akan tetapi lampu lampion tidak hanya menghiasi ruangan saja, di sepanjang jalan banyak sekali lampu lampion dipasang, karena pemasangan lampion ini tidak bisa dipisahkan dari tradisi perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Lampion menjadi semacam atribut budaya yang menandai peralihan tahun dalam penanggalan Tionghoa. Perayaan tidak akan terasa meriah tanpa kehadiran lampion yang menghiasi sudut-sudut jalan, kelenteng, dan rumah-rumah warga peranakan Tionghoa.

Menurut sejarah, tradisi memasang lampion sudah ada di daratan Cina sejak era Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi. Munculnya lampion hampir bersamaan dengan dikenalnya tekhnik pembuatan kertas. Lampion pada masa-masa awal memang diduga telah menggunakan bahan kerta, selain juga kulit hewan dan kain. Lampion mulai diidentikan sebagai simbol perayaan Tahun Baru dalam penanggalan Tionghoa pada masa Dinasti Ming.


Selamat Tahun Baru Imlek 2566

0 comments:

Post a Comment

 
All Rights Reserved